Objek wisata Goa Pindul Jogja yakni salah satu destinasi yg terkenal dari Kab Gunungkidul di Yogyakarta, terutama di kalangan penyuka wisata goa. Goa ini demikian unik, hadir dengan cara murni oleh proses alam yg menempa stalaktit & stalakmit sejak beberapa ratus thn di periode lampau. Daya pikat utamanya terletak terhadap ajaran sungai bawah tanah yg terdapat di sepanjang goa. Menurut sebanyak pihak, Goa Pindul di Djogja ini merupakan goa dgn stalakmit paling besar ke-4 di dunia

Terletak dengan cara administratif di Padukuhan Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kab Gunungkidul, Goa Pindul ialah salah satu dari jumlahnya objek wisata Gunungkidul yg terkenal. Dari kota Jogja, Kamu bisa tiba di goa ini bersama menempuh perjalanan sejauh 60 kilo meter.

Goa Pindul Jogjakarta mempunyai ukuran panjang sejauh 350 meter dgn lebar mencapai 5-6 meter. Adapun kedalaman air di dalam goa ini mencapai sampai 6-7 meter, sementara jarak antara permukaan air bersama langit-langit goa sejauh 4-5 meter. Air sungai yg mengalir di Goa Pindul terbilang demikian bersih & jernih. Elemen ini karena sumber air sungai tersebut bermula dari mata air Gedong Tujuh.
Kisah objek wisata Goa Pindul Jogjakarta ini akan ditelusuri lewat 2 version legenda rakyat yg dengan cara turun-temurun diceritakan.

Kisah perdana menceritakan bahwa dulu waktu ada satu orang pemuda yg bernama Joko Singlunglung yg sedang laksanakan perjalanan buat mencari ayahnya. Perjalanan yg ditempuhnya sungguh berat & penuh kesukaran, melintasi hutan belantara, sungai-sungai berarus deras, sampai goa-goa yg gelap. Satu Buah diwaktu dalam perjalanannya menelusuri sekian banyak goa, kepala Joko Singlulung terbentur satu buah batu agung yg ada dalam satu buah goa. Goa inilah yg sampai sekarang ini disebut yang merupakan Goa Pindul. Pindul dalam Bahasa Jawa, berarti pipi gebendul atau pipi yg terbentur (Pi=pipi, Ndul=kebendul).

Sementara version ke-2, mengisahkan perjalanan Ki Juru Mertani & Ki Ageng Pemanahan yg diutus oleh Panembahan Senopati di Mataram buat membunuh buah cinta putri Panembahan Senopati, ialah Mangir Wonoboyo dari Mangiran (Bantul). Tapi, mereka berdua tak tega membunuh bayi tersebut & bertolak ke arah timur menuju Gunungkidul, sampai tiba di daerah Karangmojo.

Sesampainya di Karangmojo, mereka menggelar tikar & alas ruang persalinan bayi tersebut. Tapi, si bayi menangis konsisten sampai hasilnya salah satu dari mereka memutuskan utk memandikannya. Ki Juru Mertani naik ke atas bukit, dulu menginjak bukit tersebut dgn kesaktiannya yg menyebabkan terbentuknya lubang gede & di dalamnya terdapat ajaran air. Bayi tersebut dulu dipindah turun utk dimandikan. Tidak Dengan disadari, pipi sang bayi terbentur batu. Oleh karena itu, ruang tersebut disebut yang merupakan Goa Pindul.

 

Daya Pikat Goa Pindul Djogja
Wisata alam Goa Pindul Jogjakarta menawari Kamu aktivitas yg ternama dgn sebutan “cave tubing” yg berdurasi sewaktu 45 menit sampai 60 menit. Cave Tubing ini yakni gerakan menyusuri gua sepanjang 350 meter dgn memanfaatkan ban pelampung, mamakai jaket & sepatu yg sudah disediakan pengelola, & bertujuan utk mengeksplorasi magnet goa yg mempunyai falsafah sungai bawah tanah tersebut.
Di sepanjang penyusuran goa, pemandu wisata lazimnya memberikan Kamu berita tentang 3 zona yg ada dalam Goa Pindul, adalah zona jelas, zona remang, & zona gelap abadi. Ini yakni satu buah pengalaman wisata goa yg sungguh unik.

Goa Pindul Jogjakarta yaitu serta sektor dari Panca Wisata yg dipunyai oleh Desa Bejiharjo di Kabupaten. Gunungkidul.Terhadap th 2012, Desa Bejiharjo memperoleh predikat Desa Wisata Paling Baik Nasional dari Kementrian Pariwisata & Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Factor ini berdampak dengan cara signifikan kepada popularitas sebanyak landmark menarik di desa tersebut.
Tidak Hanya Goa Pindul, Kamu bisa pula menikmati sungai Banyumoto yg adalah kelanjutan dari Goa Pindul pula Kali Oyo yg terletak disebelah utara Goa Pindul.
Seandainya Kamu tertarik mengeksplorasi Goa Pindul, terdapat Paket Cave Tubing Pindul yg ditawarkan bersama harga yg amat sangat terjangkau. Tapi, mungkin saja harga ini dapat berlainan antara di hri biasa & hri libur. Dengan Cara umum, paket cave tubing tersebut berkisar dari Rupiah 25 ribu sampai Rupiah 35 ribu per orang. Alat yg Kamu temukan mencakup, seperti pemandu wisata, ban karet, sepatu karet, jaket pelampung, & head lamp.

Salah satu aktivitas wisata goa bersama keindahan stalaktit & stalagmit yg elegan serta bisa Kamu temui di Goa Gong Pacitan.

Advertisements